Memerahkan Bibir Dengan Madu

Masalah bibir kering dan pecah-pecah adalah kondisi yang umum terjadi, orang dari segala umur, wanita maupun laki-laki bisa mengalami bibir pecah-pecah.Tanda yang sering ditimbulkan, bibir nampak kering, mengelupas/retak, bersisik, ada luka bahkan sampai perdarahan. Bibir kering ini sebenarnya mudah diobati dengan perawatan sederhana, namun jika dibiarkan berlarut-larut dapat mengganggu kesehatan. Kulit bibir mungkin saja tampak lebih gelap, mengelupas dan berdarah, terutama jika kamu tidak merawatnya dengan baik.

Bibir yang sehat dan lembap tentu akan terasa lebih nyaman dan lebih menarik untuk dilihat, namun ada banyak faktor yang dapat menyebabkan gangguan pada bibir. Beberapa di antaranya adalah karena kondisi lingkungan seperti cuaca atau suhu ruangan, kondisi tubuh yang sedang mengalami penyakit tertentu, atau kebiasaan-kebiasaan yang menurut kita tidak berpengaruh namun malah menjadi penyebab masalahnya. 

Berikut kebiasan yang saya maksud :

1. Kurang minum air putih.

Seseorang yang kekurangan cairan dalam tubuhnya (dehidrasi) akan menyebabkan kerusakan tidak hanya sistem organ dalam tubuhnya, namun juga berdampak kurang baik pada kulit kamu. Untuk itu, menghindari dehidrasi kamu harus selalu ingat untuk minum 8-12 gelas air setiap hari.

2. Menjilati bibir

Kamu pernah menjilati bibirmu? Saat bibir terasa kering, tanpa kamu sadari kita sering menjilati bibir, berharap bibir menjadi basah. Walaupun menjilat bibir bisa memberikan kelembapan sementara, namun air liur yang berpindah dari mulut ke bibir kamu akan menggerogoti lapisan kulit bibir yang tipis dan melucuti kelembapan alaminya.

Hal ini karena air liur mengandung enzim yang berfunsi untuk membantu tubuh kamu mencerna makanan, bukan sebagai penyedia kelembapan tambahan bagi bibir kamu. Air liur akan dengan cepat mengupat setelah terkena kontak dengan udara luar, membuat bibir kembali kering dan mengelupas. Hal inilah yang menyebabkan menjilat bibir menjadi suatu kebiasaan yang berulang.

3. Menggigit bibir

Saat muncul rasa gugup dan cemas, tanpa sadar kamu akan menggigit bibir. Sama halnya dengan menjilat bibir, kebiasaan menggigit bibir ini ternyata juga bisa mengancam kesehatan bibir kamu. Karena saat kamu menggigit bibir, gigi akan mengiritasi bibir; membuat lapisannya terkoyak dan retak, bahkan hingga berdarah.

4. Konsumsi makanan asin

Garam yang terkandung dalam makanan asin kesukaan kamu bisa mengiritasi lapisan kulit bibir dan menyebabkan peradangan. Solusinya, perbanyak buah dan sayur yang bisa mengembalikan keseimbangan pH tubuh.

5. Bernafas dengan mulut

Kamu punya kebiasaan bernapas melalui mulut? Bernapaslah melalui hidung. Sebab, bernapas melalui mulut akan membuat bibir menjadi mudah kering. Hal ini juga berarti sebaiknya kamu berhenti merokok.

Ternyata keempat kebiasaan diatas ini bisa mengganggu kesehatan kulit bibir kamu, sehingga kulit bibir tampak lebih gelap dari sebelumnya. Untuk mencegah serta mengatasi bibir kering dan pecah-pecah, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan untuk menjaga kesehatan bibir yaitu :

  1. Caranya, dengan minum cukup air minimal 8-12 gelas perhari, lengkapi dengan konsumsi buah dan sayuran yang mengandung tinggi serat dan cairan.
  2. Hindari terlalu lama berada dalam ruangan ber-AC, karena cenderung menciptakan suasana yang lebih kering, sehingga mempermudah bibir menjadi kering.
  3. Jika beraktivitas di udara dingin atau berangin, lindungi bibir dengan cara menutupnya menggunakan masker, kain atau syal.
  4. Jika bibir tampak mengelupas, hindari menarik-narik kulit yang mengelupas. Sebab, dapat membuatnya berdarah. Solusinya, gunakan scrub bibir untuk mengangkat sel kulit mati. Bubuhkan di bibir menggunakan jari, lalu gosok dengan lembut, tunggu sekitar 1 menit dan bilas menggunakan handuk basah. Kamu bahkan bisa membuatnya sendiri dengan madu murni (Produk madu murni dapat kamu beli disini) yang dicampurkan dengan sedikit gula pasir. Cara ini dipercaya mampu untuk membantu mengangkat sel kulit mati pada bibir, sehingga warna bibir kamu kembali merah dan merona secara alami.

Jika kamu mengalami kondisi gangguan pada bibir yang cukup serius, dan tidak kunjung membaik, maka ada baiknya bila kamu memeriksakan diri ke dokter, karena mungkin ada penyebab lain yang mendasarinya dan membutuhkan penanganan lebih lanjut. Merawat dan mencegah jauh lebih baik daripada mengobati, jadi ada baiknya untuk lebih memerhatikan dan tidak mengabaikan kesehatan bibir.