Ketahui Cara Minum Madu Yang Benar

cara minum madu yang benar
Ketahui cara minum madu yang benar
Berbagai penelitian telah dilakukan untuk mengungkap manfaat kesehatan yang didapatkan dari mengkonsumsi madu. Di antaranya, madu dikaitkan dengan obat untuk gangguan usus, batuk dan kondisi pernapasan lain. Madu juga dianggap memiliki sifat antibakteri, antioksidan, dan anti-inflamasi yang bisa mengobati sakit tenggorokan, gangguan pencernaan, hingga luka bakar. Meski terbukti sehat, konsumsi madu secara sembarangan justru bisa menyebabkan masalah kesehatan. Itu karena ada glukosa atau gula di dalam madu.

Merangkum dari laporan Healthline Januari 2019, perlu diperhatikan bahwa bayi atau anak di bawah usia satu tahun tidak boleh diberikan madu. Alasannya adalah risiko botulisme pada bayi, yaitu racun dari jenis bakteri tertentu yang disebut Clostridium botulinum. Setelah usia satu tahun, sistem pencernaan manusia telah cukup siap untuk melawan racun berpotensi bahaya tersebut.

Lalu, mengonsumsi madu yang benar bagaimana? Para ahli menegaskan pentingnya mengonsumsi madu dalam jumlah sedang. Maksudnya, takaran madu dikonsumsi hanya satu sendok makan saja setiap harinya. Dalam ukuran tersebut, madu memilik 21 kalori sedangkan gula hanya 17 kalori. Jadi, untuk mengganti konsumsi harian gula dengan madu, kita harus mengurangi sepertiganya. Jika sehari konsumsi gula per hari yang disarankan sekitar enam sendok teh, maka untuk madu cukup dua sendok teh saja.

Nah bagi individu yang benar-benar ingin merasakan manfaat madu secara maksimal, dengan mengonsumsi madu dengan dicampur air putih terlebih dahulu. Hal ini ditujukan agar madu jadi lebih mudah untuk dicerna oleh tubuh. 

Meskipun madu dapat dikonsumsi tiga kali sehari pada pagi, siang dan malam hari, waktu terbaik untuk mengonsumsi madu adalah pada pagi hari. Madu akan membantu menyediakan cukup energi untuk menunjang aktivitas tubuh dan otak, juga meningkatkan produksi hormon serotonin atau hormon penyebab perasaan bahagia untuk menjaga suasana hati seharian.

Pantangan setelah minum madu

Ini dia makanan yang tidak boleh dikonsumsi bersama dengan madu karena akan berdampak pada kesehatan kamu :
  • Memakan dengan lobak. Alasannya mengonsumsi kedua makanan ini akan melepas racun dalam tubuh.
  • Konsumsi madu dengan mnyak samin. Campuran dua makanan ini akan membuat zat racun di dalam tubuh. Maka dari itu mengonsumsi madu dan minyak samin bisa berakibat fatal pada tubuh dan perlu untuk dihindari.
  • Menurut Dr. Bhagwati, dilansir brilio.net dari thehealthsite, ia melarang keras memasukkan madu ke dalam air panas mendidih atau minuman. Studi mengungkapkan bahwa memanaskan madu di atas 60 derajat Celcius menyebabkan kenaikan signifikan dalam hidroksimetil furfuraldehyde (HMF) yang dapat menyebabkan keracunan pada manusia.

Minum madu sebelum tidur bikin gemuk?

Jika Anda mengkonsumsi madu sejam sebelum tidur, otak akan bekerja menggerakkan otot untuk menghasilkan energi yang disebut dengan energi madu. Proses ini juga dapat memproduksi hormon pertumbuhan, sehingga membuat tubuh lebih langsing. Untuk memproduksi hormon pertumbuhan, otak memerlukan sumber energi berupa gula yang tersimpan pada organ liver manusia. Konsumsilah madu sebelum tidur agar liver dapat langsung memproses gula yang tersimpan di dalam liver dan diproses menjadi sekresi hormon pertumbuhan. Dengan adanya hormon pertumbuhan, pembakaran lemak pun akan terasa lebih maksimal.

Kombinasikan kualitas tidur yang baik dengan madu yang dapat mengoptimalkan kerja otak dalam memproduksi hormon pertumbuhan. Semakin pulas tidurmu, semakin banyak pula hormon pertumbuhan yang dihasilkan oleh tubuh. Semakin banyak hormon pertumbuhan yang dihasilkan, semakin mengoptimalkan proses pembakaran lemak di dalam tubuh. Jadi tidak benar jika mengonsumsi madu sebelum tidur bikin gemuk.

Cara minum madu yang benar menurut Rasulullah SAW

Nabi mengambil madu lalu mengulum di mulutnya hingga lumer ketika bercampur dengan air liur. Madu yang mengandung fruktosa lebih baik dicampur dengan air liur agar mudah larut dan dicerna oleh lambung. Kebiasaan Nabi mengkonsumsi madu di pagi hari ternyata berkaitan dengan soal pencernaan, yakni mencegah penyakit maag.

Aturan minum madu untuk anak

  • Bayi dibawah 1 tahun belum boleh diberikan madu
  • Anak usia 1 - 3 tahun, disarankan maksimal mengonsumsi madu sebanyak 20 gr perhari. Agar sistem pencernaan anak tidak kaget karena butuh pembiasaan dalam mengenali makanan baru
  • Anak diatas 3 tahun, diperolehkan mengonsumsi madu dengan takaran 2 sendok makan sebanyak 2 kali sehari. Pemberian rutin agar menjaga stamina dan daya tahan tubuh anak. Pemberian madu ini sebaiknya dilakukan 2 jam sebelum makan besar.

Daftar pertanyaan seputar cara minum madu yang benar :

Kapan waktu yg tepat minum madu? Bisakah madu diminum pada saat perut kosong?

Madu baik dikonsumsi sebelum makan atau dalam keadaan perut masih kosong. Fungsinya sekali lagi supaya nutrisi dapat diserap maksimal karena berinteraksi dengan enzim di perut. Kalau minum saat perut kita terisi penuh itu tidak akan maksimal. Karena madu jadi tidak akan berinteraksi penuh dengan enzim di perut.

Apa manfaat minum madu setiap pagi?

Madu adalah anti-inflamasi alami, maka mengonsumsi satu sendok makan madu yang dicampur dengan air hangat setiap pagi dapat mengurangi iritasi pada tenggorokan dan mencegah flu dan batuk.

Apakah boleh minum obat dicampur madu?

Konsumsi madu boleh-boleh saja setelah minumobat. Namun sebaiknya diberi jeda pada konsumsinya. Hal ini mencegah adanya percampuran kimia yang ada dalam tubuh kita sehingga menimbulkan risiko penyakit bila kita mengonsumsi madu sekaligus obat secara langsung.

Apakah bagus minum madu dicampur air hangat?

Campuran madu dan air hangat bisa mengurangi risiko adanya masalah dalam sirkulasi darah dan penyakit kardiovaskular yang berbahaya. Sebagai ekspektoran, minum campuran madu dan air hangat juga ampuh menghilangkan lendir yang kerap menghalangi saluran pernapasan kita.