Membuat Masker Madu Yang Kaya Manfaat Dengan Mudah

masker madu dengan bahan rumahan
Cara membuat masker madu dengan bahan rumahan

Manfaat masker madu

Madu adalah salah satu dari banyak bahan alami di sekita kita yang dapat dimanfaatkan untuk membuat masker wajah. Selain mudah dibuat sendiri di rumah, masker madu juga kaya manfaat untuk kesehatan kulit. Untuk membuat masker madu, kita bisa menggunakan madu Al-Hafizh karena sudah terkenal keasliannya.

Salah satu manfaat madu untuk kulit yaitu madu dipercaya bisa melembabkan, mengatasi jerawat dan mengatasi kulit kusam pada wajah. Masker ini sebaiknya dibersihkan setelah 15 menit dan gunakan masker madu ini secara teratur 2 kali dalam seminggu. Tidak heran jika madu sudah banyak digunakan sebagai bahan tambahan dalam berbagai produk kosmetik, termasuk masker kecantikan.

Daftar Pertanyaan Seputar Masker Madu :

Bagaimana cara memutihkan wajah dengan madu?

Kamu bisa mencoba campuran antara madu dan tomat. Tak hanya mencerahkan wajah, campuran ini juga mampu mencegah penuaan dini dan memutihkan wajah. Campurkan air dari tomat yang sudah disaring dengan satu sendok teh madu murni, basuh wajah dengan air hangat dan oleskan campuran tadi ke seluruh wajah secara merata. Tunggu sekitar 15 menit, basuh dengan air bersih. lakukan perawatn ini secara teratur untuk hasil yang optimal.

Berapa lama masker madu untuk wajah?

Tidak ada patokan khusus tentang lamanya waktu pemakaian masker madu untuk wajah, namun dari beberapa artikel yang banyak beredar, sebaiknya bersihkan masker kamu setelah 15 menit, terlalu lama menggunakan masker, apa pun mereknya akan menutup pori-pori dan menimbulkan jerawat baru dan gunakan masker madu ini secara teratur 2 kali dalam seminggu.

Apakah masker organik bisa dicampur madu?

Bisa namun madu yang digunakan haruslah madu murni / madu hutan dan masker yang mempunyai kandungan 100% organik bebas bahan kimia seperti pengawet, pewarna buatan, atau pewangi buatan aman.

Apa manfaat masker madu dan garam?

Nutrisi yang terkandung di dalam madu dipercaya mampu membunuh bakteri serta kuman penyebab jerawat. Nutrisi ini juga dipercaya mampu menghaluskan dan memudarkan bekas jerawat dengan baik. Sedangkan garam, nutrisinya dipercaya bisa mengangkat sel kulit mati penyebab jerawat. Madu dan garam bisa dibuat sebagai masker anti jerawat. Caranya adalah, siapkan 3 sdm madu dan 1 sdm garam. Campur kedua bahan jadi satu lalu oleskan ke kulit wajah yang berjerawat. Pijat-pijat lembut agar nutrisinya masuk ke dalam kulit wajah dengan baik. Diamkan kira-kira selama 15 menit lalu bilas kulit wajah dengan air dingin seperti biasa.

Apa manfaat masker lemon dan madu?

Selain mampu mengangkat sel-sel kulit mati, masker campuran madu dan lemon juga dapat mencegah terbentuknya sel-sel kulit mati sehingga kulit wajah akan teregenerasi setiap saat. Manfaat ini dapat dipeoleh dengan mengaplikasikan masker lemon dan madu setidaknya dua kali dalam satu minggu.

Apa manfaat masker madu dan kopi?

Manfaat masker kopi dan madu bisa kamu jadikan alternatif untuk merawat wajah. Kedua bahan alami ini dipercaya mampu menjaga kesehatan kulit wajah secara maksimal. Hal ini dikarenakan kopi dan madu mengandung nutrisi yang dibutuhkan kulit wajah seperti antioksidan. Tingginya senyawa antioksidan pada kopi dan madu dapat mencegah hal buruk yang dapat menjadikan kulit wajah tidak sehat.

Apakah jeruk nipis dan madu bisa memutihkan wajah?

Menggunakan masker jeruk nipis ditambah dengan madu juga merupakan salah satu cara memutihkan wajah. Perawatan simpel ini bisa membuat kulit wajah terlihat lebih putih. Cara memutihkan wajah dengan jeruk nipis dan madu dengan mencampur dua sendok makan air perasan jeruk nipis dan satu sendok makan madu. Gunakan ramuan tersebut di seluruh kulit wajah dan pijat perlahan selama 10-15 menit. Biarkan mengering lalu cuci bersih dengan air hangat. Setelah itu bilas lagi dengan air dingin.

Apakah madu bisa menghilangkan jerawat?

Madu memiliki sifat antibakteri dan antiseptik berkat kandungan hidrogen peroksida di dalamnya. Madu juga memiliki efek antiradang untuk mengurangi kemerahan pada jerawat dan kemampuan untuk menyamarkan bekas luka. Tidak sampai di situ, madu nyatanya juga memiliki kemampuan untuk mempercepat pemulihan pembuluh darah yang kerap terjadi ketika luka, membantu mempercepat pertumbuhan lapisan kulit yang mengalami kerusakan, meningkatkan kolagen yang sangat baik untuk membantu perbaikan kulit, serta mencegah bekas luka dan keloid.

Simak berikut ini cara membuat masker madu dengan bahan yang ada di sekitar kita :

Masker madu dan garam

Madu dan garam bisa dibuat sebagai masker anti jerawat. Caranya adalah, siapkan 3 sdm madu dan 1 sdm garam. Campur kedua bahan jadi satu lalu oleskan ke kulit wajah yang berjerawat. Pijat-pijat lembut agar nutrisinya masuk ke dalam kulit wajah dengan baik. Diamkan kira-kira selama 15 menit lalu bilas kulit wajah dengan air dingin seperti biasa.

Masker madu dan kayu manis

Pertama, campurkan madu asli dan kayu manis lalu aduk rata. Setelah itu, oleskan pada wajah, diamkan selama 30 menit, kemudian bilas dengan air bersih. Masker ini dipercaya bisa mengatasi wajah bejerawat.

Masker madu dan kunyit

Setelah msalah jerawat hilang dengan madu dan kayu manis, kamu bisa membuat masker untuk perawatan selanjutnya menggunakan madu dan kunyit. Campurkan keduanya dan aplikasikan ke bagian yang terdampak, lalu diamkan selama beberapa menit dan bilas dengan air. Campuran ini berguna untuk menyamarkan bekas luka akibat jerawat.

Masker madu dan jeruk nipis

Baik jeruk nipis maupun lemon sama bagusnya dalam perawatan kulit wajah karena mempunyai antioksidan dan vitamin C. Siapkan 3 sendok makan madu murni dan 1 sendok makan air jeruk nipis / lemon. 

Campur kedua bahan hingga rata dan oleskan pada wajah. Oleskan perlahan menggunakan tangan dan diamkan sekitar 10-15 menit agar lebih meresap dalam kulit. Kemudian bilas dengan menggunakan air hangat. 

Masker madu dan susu

Campuran madu dan susu bisa membuat kondisi kulit kamu menjadi kencang dan awet muda. Madu akan menjaga keseimbangan pH kulit dan mencegah tanda-tanda penuaan seperti garis-garis halus dan kerutan. Selain itu, asam laktat pada susu bisa membuat kulit menjadi kencang dan mengurangi munculnya keriput.

Campur 1/2 gelas susu dan 3 sendok makan madu murni dalam mangkuk dan aduk, gunakan kapas dan oleskan ke wajah hingga leher. oleskan sebanyak 2-3 lapis dan diamkan hingga mengering selama 15 menit. Jika sudah kering, bilas dengan air dingin. 

Masker madu dan kopi

Manfaat masker kopi dan madu pertama yaitu mampu menghilangkan komedo membandel bahkan jerawat. Manfaat masker kopi dan madu ini berasal dari adanya kandungan antioksidan dalam kopi serta madu yang mampu mengatasi jerawat dan komedo. Manfaat madu dapat menjadi pelembap alami yang baik dan kopi dapat mencegah minyak berlebih pada wajah. 

Satu sendok makan bubuk kopi dicampur dengan 3 sendok madu murni, aduk hingga seperti krim. Jangan terlalu encer karena akan sulit dioleskan nantinya. Oleskan ke wajah secara merata dan diamkan selama 15 menit. Bilas dengan air dingin sampai bersih.

Demikian artikel manfaat masker madu, semoga bermanfaat. Terima kasih.